Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengalaman Pribadi Membuat Aplikasi Sederhana

Ini adalah pengalaman saya saat berada di Semester 2 perkuliahan, dosen mata kuliah Algoritma Pemrograman memberikan tugas membuat aplikasi yang bisa di gunakan di masyarakat. Untuk membuat tugas ini dosen membuat beberapa kelompok dengan tema aplikasi yang berbeda-beda. Saya bersama kelompok mendapatkan tema membuat aplikasi penjualan seperti Supermarket.

Bahasa Pemrograman yang digunakan adalah  bahasa pemrograman Pascal. Kami menggunakan aplikasi Free Pascal untuk membuat aplikasi Supermarket yang berbahasa Pascal ini. Kami mendapatkan kendala yang cukup banyak, karena memang kami belum pernah membuat sebuah aplikasi utuh sebelumnya, dan juga bahasa pemrograman pascal yang masih asing bagi kami. Maka kami meminta bantuan teman kami yang cukup menguasai bahasa pemrograman ini, tapi kami tidak 100% meminta bantuannya, hanya beberapa bantuan saja agar kami mengerti konsepnya.

Pada awalnya kami membuat menu utamanya terlebih dahulu di program utama file pascal kami. Lalu membuat beberapa kondisi dengan menggunakan case-of. Kami membuat beberapa menu seperti Penginputan data produk, Penjualan, Laporan Harian, dan lain-lain. Pada menu penginputan produk kami menggunakan beberapa record yang dideklarasikan pada program utama agar record tersebut bisa kami panggil pada menu yang lain, karena record pada aplikasi ini harus saling berkaitan.

Kendala pertama adalah saat kami mencoba meng-compile program kami terdapat banyak sekali error, tetapi dapat kami atasi. Kendala selanjutnya adalah saat menginput data, data tersebut  tidak masuk pada recordnya saat dipanggil, itu dikarenakan kesalahan pada perulangan for nya, kami pun memperbaikinya dan menu Penginputan ini pun berhasil dengan baik.

Kemudian kami lanjutkan ke menu Penjualan, kami membuatnya seperti yang biasa dilihat pada mesin-mesin cashier.  Mudah saja dengan memanggil record yang telah diinput tadi lalu jumlah stocknya dikurangi jumlah yang dibeli oleh pelanggan dan harga yang sudah diinput itu dijumlahkan. Walaupun mudah kami tetap saja menghadapi kendala, disini saat jual beli dilakukan ternyata jumlah produk yang dibeli pelanggan tidak mengurangi stock pada record. Lagi-lagi kesalahan terdapat pada perulangan for nya, karena konsep for nya dibedakan dengan for sebelumnya. Maka kami memperbaikinya kembali dengan sedikit bantuan teman untuk mengidentifikasi dimana kesalahan yang terjadi. Kemudian dilanjutkan pada menu Laporan, ini hanya memanggil record yang telah mengalami perubahan dari menu-menu sebelumnya. Program aplikasi kami pun telah rampung dibuat, dan bisa memenuhi tugas dari Dosen kami tersebut.

Begitulah pengalaman saya saat membuat sebuah aplikasi utuh, walaupun sederhana tapi tetap banyak mengalami kendala yang cukup menyulitkan kami. Hal yang perlu diperhatikan saat membuat sebuah aplikasi adalah membuat konsep yang harus benar-benar matang karena jika terjadi perubahan konsep pada tengah-tengah pembuatan, maka harus diulangi lagi dari awal. Dan juga kita harus bisa tekun mencari letak kesalahan jika terjadi error, karena memang terkadang kesalahan tersebut tersembunyi dan cukup memusingkan. Selamat mencoba membuat aplikasi teman-teman, semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar