Minggu, 08 Juni 2014

Teknologi Game

Pengertian Game
“Game” yang berarti permainan. Computer game berbeda dengan jenis game yang lain karena tidak ada pergerakan secara fisik atau interaksi langsung dengan object kecuali lewat perantaraan komputer. Software yang dibuat harus dapat menangkap reaksi yang cepat dari interaksi yang dihasilkan dengan pemain. Karena itu software untuk computer games harus bersifat real time. Kompleksitas game adalah bergantung dari kemampuan merepresentasikan aturan dan lingkungan game dalam program yang dibuat.


Menurut David Parlett, game adalah sesuatu yang memiliki “akhir dan cara mencapainya”: artinya ada tujuan, hasil dan serangkaian peraturan untuk mencapai keduanya.

Menurut Clark C. Abt, game adalah kegiatan yang melibatkan keputusan pemain, berupaya mencapai tujuan dengan “dibatasi oleh konteks tertentu” (misalnya, dibatasi oleh peraturan).

Menurut Roger Callois, seorang sosiolog Perancis, dalam bukunya yang berjudul Les jeux et les homes menyatakan game memiliki enam sifat: “bebas” (bermain adalah pilihan, bukan kewajiban), “terpisah” (waktu dan tempat telah ditetapkan terlebih dahulu), memiliki hasil yang tidak pasti, “tidak produktif” (artinya tidak menghasilkan barang atau kekayaan), dipayungi sebuah aturan, dan “pura-pura” (dibarengi dengan kesadaran bahwa game bukan Kehidupan Nyata, tapi semacam realita yang terpisah tapi dimiliki bersama).

Platform Games:
1. PC 
Biasanya aplikasi gamenya menggunakan bahasa C++ atau C.
Waktu pengembangannya 3-6 bulan, tergantung kompleksitas gamenya.

2. Web Based Games 
Aplikasi game dimana diletakkan pada server di Internet, dimana user hanya perlu menggunakan akses internet dan browser untuk mengakses gamenya.
Waktu pengembangannya lebih singkat, 1-2 bulan.

3. SmartPhones/Pocket PC(PCC) 
Aplikasi game yang berjalan pada system operasi Windows Mobile 2003, 2004, 5.0 sampai sekarang.
Usernya:
karakter pengusaha/ eksekutif muda sangat cocok apabila menggunakan media PocketPC/SmartPhones sebagai bagian aktivitas kegiatan advertising.
Waktu pengembangan biasanya memerlukan waktu 3-6 bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut.

4. Mobile Phone 
Aplikasi game menggunakan bahasa:  JAVA(jar), Symbian(sys), dan sekarang menggunakan PHYTON.
Usernya dari semua kalangan, biasanya untuk mengisis waktu luang.
Waktu pengembangannya relative lebih pendek, sekitar 1-3 bulan.


Macam-macam Game
1   Fun Games: permainannya seperti skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf, Windows Entertainment Pack Games dan semua permainan yang animasinya sedikit dan pembuatannya relatif mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari segi grafiknya tetapi biasanya sulit dalam algoritma.
2.  Arcade Games: semua permainan yang mudah dimengerti, menyenangkan dan grafiknya bagus walau biasanya sederhana. Pengertian mudah dimengerti dan menyenangkan dikarenakan permainan ini hanyalah berkisar pada hal-hal yang disenangi umum seperti pukul memukul, tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar dan semua yang mudah dan menyenangkan. Yang termasuk kedalam permainan jenis ini adalah Prince of Persia, Street Fighter, Golden Axe, Grand Prix, Robocop.
3.  Strategic Games: biasanya permainan strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi tetap saja memerlukan strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan strategi politik.
4Adventure Games: terbagi atas tiga macam yaitu petualangan biasa (Multi Layered Adventur), Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game Adventure. Biasanya algoritma untuk membuat game ini adalah sedang-sedang saja sampai sulit. Tapi grafik jenis permainan ini benar-benar sulit. Contoh beberapa permainan jenis ini adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan Diablo.
5.   Simulation Games: dari semua jenis permainan yang ada, masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan kemudahannya, jika bukan algoritmanya maka akan mudah dalam hal animasinya, akan tetapi games simulasi bisa disebut sebagai jenis permainan yang paling sulit, baik algoritma pembuatannya maupun animasinya. Permainan jenis ini juga yang paling membuat pusing dibandingkan dengan permainan jenis lainnya. Algoritmanya sangat sulit sebab harus memperhitungkan semua kejadian dalam kondisi sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup bermodalkan ahli grafik dan algoritma saja, tetapi sedikitnya harus mengerti persoalan matematika, teknik dan fisika. Contoh permainan jenis ini adalah Stellar7, F-15 Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, Jet Fighter.

Penggolongan User / Pangsa Pasar Game
Dalam setiap game yang dirilis, biasanya dicantumkan pemberitahuan mengenai batasan umur pemain dari game tersebut. Pemberitahuan ini disimbolkan dengan logo-logo sebagai berikut :

- EARLY CHILDHOOD
Simbol eC (Early Childhood) berarti game yang boleh dimainkan oleh anak berumur 3 tahun keatas. Tidak ada materi yang perlu dikhawatirkan.




- EVERYONE 

Simbol E (Everyone) berarti game tsb cocok untuk anak berumur 6 tahun keatas. Isinya mungkin berisi sedikit kartun, fantasi atau sedikit kekerasan.




- EVERYONE 10+

Simbol ini berarti game yang cocok untuk 10 tahun keatas. Didalamnya ada lebih banyak unsur kartun, fantasi, sedikit kekerasan atau sedikit bahasa kasar dan atau sedikit bersifat mempengaruhi.


- TEEN

Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk anak 13 tahun keatas. Didalamnya mungkin berisi kekerasan, hal - hal yang bisa mempengaruhi, humor kasar, sedikit darah, simulasi perjudian dan atau bahasa yang kasar

- MATURE

Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk 17 tahun keatas. Didalamnya mengandung banyak kekerasan dan darah, berbau seks dan atau kata-kata kasar.



- ADULTS ONLY

Simbol ini berarti game ini hanya cocok untuk 18 tahun keatas. Didalamnya mengandung adegan kekerasan berkepanjangan dan atau seksual dan ketelanjangan.



- RATING PENDING

Game yang belum memiliki rating sehingga para orang tua harus menghindari membeli game ini kepada anaknya atau melakukan survey sendiri.

Artificial Intelligence (AI) dalam Game

Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan.
Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia.


GAME ENGINE 

Menurut beberapa sumber, game engine adalah perangkat lunak yang dibuat untuk menciptakan maupun mengembangkan video game.
ada 2 kategori dalam game engine, yaitu yang freeware game engine / open source engine yang berarti software gratis dan isi programnya bisa diedit, sedangkan commercial engine merupakan software berlisensi yang bila ingin menggunakannya kita harus membayarnya.

Freeware game engine / open source engine yang terdiri dari :
  • Blender
  • Golden T Game Engine (GTGE)
  • DXFramework
  • Ogre
  • Panda3D
  • Alamo
  • A.L.I.V.E
  • BigWorld
  • DXStudio
  • Dunia Engine
  • Euphoria
  • GameStudio
  • Jade Engine

Referensi:
http://dhikaharbi.blogspot.com/2014/05/pengantar-teknologi-game.html
http://azhiezloeckman.blogspot.com/2013/03/teknologi-pengantar-game.html
http://kampoeng-it.blogspot.com/2014/03/tugas-pengantar-teknologi-game.html
http://gilangraden.blogspot.com/2012/03/pengantar-teknologi-game.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar